Saldo Token Listrik Tidak Berkurang? Bahaya, Segera Lakukan Ini

Ada satu masalah unik yang terjadi pada meteran
listrik token,
yaitu saldonya tidak berkurang meskipun sedang terpakai, jumlah angka di layar
kwh meter tidak berubah.

Anehnya, tidak ditemukan juga pemberitahuan error pada meteran listrik, baik
kedipan lampu indikator maupun tanda di layar, semuanya tampak normal-normal
saja.

Wah, bagus dong, tidak usah isi token listrik kalau begitu? Eits, jangan
senang dulu, kalau bagus tidak mungkin mimin beri kata “Bahaya” di judul.

Mimin tegaskan, masalah ini merupakan sesuatu yang tidak bagus dan harus
diatasi secepatnya, sebab jika tidak, maka ada konsekuensi yang wajib
ditanggung oleh si pemilik meteran.

Lantas, mengapa saldo token listrik tidak berkurang dan apa yang harus
dilakukan jika mengalami masalah seperti ini?

Baiklah, berikuti ini mimin jelaskan…

Penyebab Saldo Token Listrik Tidak Berkurang

Untuk diketahui, saldo token listrik yang tidak berkurang padahal sering
terpakai disebabkan oleh adanya error pada komponen pengukuran di meteran
listrik.

Error pada sistem pengukuran ini menyebabkan meteran listrik tidak mendeteksi
jumlah pemakaian listrik yang sudah digunakan oleh pelanggan.

Akibatnya, tidak terjadi pengurangan saldo karena meteran listrik “mengira”
sedang tidak ada pemakaian.

Masalah ini mirip dengan yang terjadi pada meteran listrik model cakram di
mana ketika cakramnya tidak berputar maka penggunaan listrik tidak tercatat
pada register.

Cara Mengatasinya

Jika meteran listrik Anda bermasalah seperti ini, maka segera laporkan ke
pihak PLN agar bisa ditangani secepatnya.

Cara melapornya sangat mudah, tidak perlu datang ke kantor karena bisa
dilakukan via telepon di nomor layanan PLN: (kode area) 123.

Misalnya, jika Anda berada di Jakarta maka masukkan nomor (021) 123.

Petugas PLN akan datang ke rumah Anda dan memeriksa unit meteran, biasanya
langsung dilakukan penggantian meteran karena jenis error seperti ini sulit
diperbaiki.

Ini Akibatnya Jika Tidak Melapor

Seperti yang mimin paparkan di awal, mungkin ada di antara Anda yang malah
senang jika meteran listriknya mengalami masalah saldo tidak berkurang.

Alasannya, listrik tidak habis-habis sehingga tidak perlu lagi melakukan
pembelian atau pengisian token listrik.

Sekilas, hal ini mungkin tampak bagus, tapi ada konsekuensi yang harus
ditanggung oleh pemilik meteran yang sengaja tidak melaporkan masalah ini.

Konsekuensinya adalah pemilik meteran wajib membayar semua pemakaian listrik
yang sudah digunakan terhitung sejak meteran itu error.

PLN akan memeriksa pemakaian rata-rata sebelum kwh meter error dan akan menggunakan data itu untuk memperkirakan jumlah pemakaian listrik selama masa error.

Artinya, semakin lama dibiarkan semakin banyak pula akumulasi yang harus dibayar,
misalnya setahun maka pemakaian setahun inilah yang wajib dibayarkan.

Tentu saja sangat berat karena Anda harus membayar uang sekaligus dalam jumlah
banyak untuk melunasi seluruh pemakaian listrik selama meteran tersebut error.

Jadi, segera laporkan ke PLN jika meteran listrik Anda di rumah bermasalah
seperti ini.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan tentang saldo token listrik tidak berkurang, bagikan
jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment